Khasiat Tanaman Bunga kenanga

Bookmark and Share

Tanaman Kenanga (Canangium odoranatum) telah lama dimanfaatkan sebagai bahan industri parfum dan kecantikan. Selain itu bunga kenanga memiliki khasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit

Khasiat adalah untuk mengatasi hepatitis, asma, sesak napas, sakit kepala, batuk, demam nipas, keputihan, radang saluran kencing, bau badan, kudis, digigit serangga, malaria, mengatasi perasaan gelisah, dan lain-lain.

Mengatasi rematik encok dengan menggunakan 10-15 gram bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

Mengobati demam nipas dengan memakai 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, 10 gram kencur, 10 gram kunyit, 10 gram temu hitam, 25 gram asam. Semua bahan diatas ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya, kemudian digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk kudis gunakan 50 gram kenanga dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa dipanaskan sebentar, setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.

Mengobati gigitan serangga dengan menggunakan 2-5 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati dihaluskan tambahkan 1 sendok minyak kelapa kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

Kenanga untuk mengobati sesak napas dan asma, caranya adalah ambil 15 gram bunga kenanga, 15 gram kulit semangka kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan diminum selagi dingin.

Lakukan secara teratur. Juga bisa dengan ramuan 15-30 gram bunga kenanga dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc tambahkan + sendok teh gula pasir, disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Mencegah dan mengatasi hepatitis, ambil 3 gram bunga kenanga, 20 gram temu lawak, 15 gram bangle direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin lalu disaring dan airnya diminum.

Mengatasi keputihan dengan menggunakan 30 gram kenanga, 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum bila airnya sudah dingin. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 150 cc.

Obati radang saluran napas dengan menggunakan 10-15 gram bunga kenanga, 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring dan diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

Mengurangi rasa gatal ditenggorokan dan batuk dengan menggunakan 15 gram bunga kenanga, 15 gram kulit jeruk mandarin kering, 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

Mencegah dan mengatasi bau badan dengan menggunakan 15 gram bunga kenanga, gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

Ringankan sakit kepala dengan 15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe diiris-iris kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.

Untuk mengobati malaria dengan 10-15 gram bunga kenanga kering disedu dengan 200 cc air mendidih kemudian ditutup rapat, kemudian disaring dan selagi hangat airnya diminum. Lakukan secara teratur.

Mengatasi perasaan gelisah, ambil 15 gram bunga kenanga, 30 gram kim cim direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat dan kim simnya dimakan.

Untuk mengobati radang saluran kencing, gunakan 10-20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, 30 gram daun sendok segar, dicuci bersih dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 250 cc.(prof hembing/suarakarya)

eWikie.blogspot.com - Kalo suka, ga ada salahnya di SHARE di Facebook atau di TWEET ya, biar temen2 yang lain juga pada tau

Share
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...