Lima Makanan Penderita diare

Lima Makanan Penderita diare

 5 Makanan untuk Penderita Diare

Peralihan musim menyebabkan beberapa bakteri dan virus kadang masuk kedalam tubuh kita melalui makanan yang kita konsumsi. Biasanya diare menjadi penyakit yang akan dialami oleh warga di kota besar. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan diare, adalah virus lambung, sindrom iritasi usus, atau obat tertentu.
Penting bagi kita untuk tanggap terhadap penyebabnya dan segera mengobatinya sebelum diare berkembang menjadi parah. Untuk itu berikut lima makanan yang harus dikonsumsi bagi anda yang menderita diare.
1. Diet BRAT
Makanan terbaik sebagai anti diare adalah pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang (Banana, Rice, Applesauce, and Toast – BRAT). Keempat makanan ini mudah dicerna, sehingga tidak menyebabkan iritasi lebih lanjut pada sistem pencernaan. Makanan ini dapat dimakan oleh siapapun yang berusia di atas 12 bulan, sedangkan anak kecil yang berusia di bawah 12 bulan direkomendasikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anak.
2. Yogurt
Bila Anda mengalami diare berarti tubuh sedang mencoba melepaskan diri dari bakteri jahat. Yogurt membantu mengatasi diare karena mengandung bakteri baik yang membantu menjaga sistem pencernaan menjadi lancar. Yogurt juga mudah dicerna dan tidak akan menyebabkan masalah yang terkait dengan produk yang terbuat dari susu. Anda harus menghindari susu saat diare karena bisa membuat diare menjadi lebih buruk.
3. Perbanyak Asupan Cairan yang Mengandung Elektrolit
Saat diare atau tinja menjadi cair, tubuh cenderung cepat mengalami dehidrasi dan kehilangan elektrolit. Cara terbaik mengatasi diare adalah dengan meningkatkan asupan cairan dan kaldu yang bisa merehidrasi dan menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Hindari jus prune atau tipe jus yang dapat meningkatkan gerakan usus. Selain itu, hindari kafein karena menyebabkan iritasi pada sistem pencernaan.
4. Pilih Makanan Rendah Serat dan Tinggi Natrium
Meskipun nampak bertentangan dengan aturan tradisional yang membatasi asupan garam dan mendapatkan asupan serat sebanyak mungkin, namun makanan terbaik untuk dikonsumsi saat diare adalah makanan yang mampu menahan cairan tubuh seperti yang dilakukan oleh garam.
5. Hilangkan Konsumsi Makanan Tinggi Lemak atau Gula
Hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak atau gula selama diare karena dapat membuat kondisi menjadi lebih buruk.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top