Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Selama Musim Hujan


 1
 
 23
image
MUSIM hujan telah tiba. Alangkah baiknya kesehatan tetap terjaga selama musim hujan berlangsung, di mana pada musim ini tubuh rentan terkena berbagai macam penyakit.
Inilah beberapa tips untuk Anda menjaga kesehatan selama musim hujan.
Jaga cairan tubuh
Saat musim hujan, keringat tidak menguap dengan cepat karena tingkat kelembaban tinggi. Hal ini mencegah tubuh mengeluarkan panas. Sementara cairan tubuh akan sama tidak stabilnya seperti saat musim kemarau.
Oleh karena itu disarankan untuk membawa sebotol air setiap harinya saat beraktivitas. Hindari pula minuman berkarbonasi. Sebagai gantinya disarankan minum minuman yang hangat, seperti jahe.

Konsumsi makanan secara seimbang

Karena proses pencernaan saat musim dingin melambat, makanlah hanya ketika lapar dan dengan takaran seperlunya. Makan ketika Anda tidak merasa lapar dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Disarankan juga agar Anda rajin makan sayuran, buah-buahan, dan hidangan dengan rempah-rempah. Hal ini membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan secara bersamaan membantu proses pencernaan, serta mencegah infeksi.
Agar lebih menyehatkan tubuh, pilih juga makanan yang bersih dan segar.

Jauhi sumber penyakit

Musim hujan selalu dikaitkan dengan musim demam berdarah, karena hujan dalam frekuensi lebih akan menyebabkan air menggenang sehingga menjadi sarang nyamuk DBD.
Karenanya, hindari genangan air, dan basmi jentik nyamuk di lingkungan sekitar tempat tinggal. Selain itu, jaga pakaian tetap kering dan bersih sepanjang waktu untuk menghindari penyakit kulit.

Cukup istirahat dan
berolahraga
Gerimis saat pagi dan malam mungkin mengganggu latihan rutin. Namun itu bisa diganti dengan latihan ringan di rumah. Anda bisa melakukan beberapa olahraga sederhana seperti sit-up, membungkukkan badan untuk meregangkan otot.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top