Tanaman-tanaman Unik di Dunia

Tanaman-tanaman Unik di Dunia

 
Tidak hanya dunia fauna yang memiliki berbagai koleksi satwa yang eksotis dan unik, dunia flora juga mempunyai koleksinya yang tak kalah unik pula. Well, mungkin ini ya yang disebut dengan kesimbangan alam. Setelah googling sana - sini, berikut adalah kumpulan flora - flora yang menurut saya eksotis nan unik.


Bunga Bangkai



Tampaknya saya tak perlu menjelaskan secara detail tentang bunga ini. Tumbuhan dengan nama latin Amorphophallus titanum ini hidup di Indonesia, tepatnya banyak tumbuh di Sumatra. Alasan mengapa saya menempatkan bunga ini di urutan pertama adalah karena saya bangga bunga ini adalah tanaman endemik dan banyak peneliti - peneliti asing yang mengagumi bunga ini.



Selain ukurannnya yang besar, bunga bangkai juga merupakan bunga tertinggi di dunia, dengan tinggi mencapai 20 kaki. Bau busuk yang menjadi ciri khasnya adalah sebuah mekanisme untuk menarik perhatian serangga agar membantu penyerbukan.

Nipple Plant



Nipple plant atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan ( maaf,red. ) tanaman puting merupakan tanaman yang memiliki buah dengan bentuk mirip puting susu sapi. Karena bentuknya yang unik inilah, tanaman ini juga dikenal dengan nama Cow Udder Plant.

Tanaman ini banyak ditemukan di Afrika Selatan. Ia memiliki daun dengan tekstur yang lembut, bunganya berukuran kecil dengan warna ungu, dan memiliki duri yang keras. Buahnya sendiri dikatakan dapat bertahan di pohonnya hingga dua bulan, namun jangan mencoba untuk memakannya karena tanaman ini beracun.

Rafflesia Arnoldi



Kembali tanaman endemik Indonesia menempati urutan atas artikel ini. Rafflesia Arnoldii merupakan bunga terbesar dan terberat di dunia. Ketika mekar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat kurang lebih 11 kilogram. Tanaman ini hidup secara parasit dengan menyerap nutrisi dari tanaman inangnya.

Pembentukan kelopak bunga tanaman ini memerlukan waktu yang cukup lama sebelum siap untuk mekar kembali. Sama dengan bunga bangkai diatas, tanaman ini juga mengeluarkan bau yang busuk sebagai cara untuk menarik serangga agar membantu tanaman ini untuk proses penyerbukan.

Walking Palm, Tanaman Yang Bisa Berjalan



Mungkin kedengarannya aneh, tetapi tanaman ini benar - benar bisa berjalan. Tanaman ini berasal dari hutan tropis Afrika Selatan. Tanaman ini dapat tumbuh hingga 25 meter, memiliki batang dengan panjang 17 cm.

Tanaman ini memilki akar yang tidak seperti tumbuhan lain. Seperti yang kita lihat pada gambar, tanaman ini seolah "berdiri" dengan menggunakan akarnya ini. Ya, tanaman ini memang berdiri dengan akarnya, dan yang lebih mengejutkan adalah tanaman ini dapat berpindah posisi, jadi jika kalian memelihara tanaman ini di teras rumah, lalu tanaman ini pindah ke belakang rumah kalian, jangan menganggap tanaman ini ada penunggunya ya.



Pada awalnya tidak ada yang mengetahui tentang kegunaan dari akarnya yang aneh itu, namun pada tahun 1961 sebuah fakta baru mengenai tanaman ini ditemukan. Sebuah pohon ini tumbang karena ditimpa oleh pohon lainnya, namun beberapa hari kemudian, tumbuh akar baru di sekitar akar yang lama. Beberapa minggu kemudian, tanaman ini hampir berdiri tegak lagi dengan akar yang baru tadi. Meskipun dapat bergerak, tapi prosesnya dikatakan membutuhkan waktu yang cukup lama. Dikatakan pergerakannya hanya sekitar 1 meter per tahun.

Welwitschia mirabilis



Tanaman ini seperti sebuah fosil hidup. Awalnya, tanaman ini hanya mempunyai 2 helai daun yang tebal, batang yang berbulu, dan pendek. Namun, dengan seiring berjalannya waktu, tanaman ini tumbuh semakin besar hingga ukuran 2 sampai 4 meter.

Yang membuatnya luar biasa adalah kemampuannya bertahan hidup. Welwithschia merupakan salah satu tanaman yang berumur panjang. Tanaman ini bisa hidup hingga 2.000 tahun lamanya. Tanaman ini mendapatkan air sebagai sumber kehidupannya melalui daunnya yang mempunyai kemampuan unik untuk mengumpulkan air selama malam hari.



Tanaman yang termasuk gymnosperm ini merupakan tanaman langka, karena pertumbuhannya yang lambat. Seringkali tanaman yang berumur cukup lama diburu oleh kolektor tanaman. Oh ya, tanaman ini banyak ditemukan di negara Angola dan Namibia.

Baobab Tree ( Andansonia )





Pohon baobab atau disebut juga dengan Andansonia adalah tumbuhan yang banyak tumbuh di Afrika, India dan Madagaskar. tanaman ini banyak dimanfatkan oleh penduduk. Buahnya dapat dimakan dan sangat kaya akan vitamin C dan kalsium, batangnya mampu menyimpan 12.000 liter air, daunnya dapat digunakan sebagai sayur dan masih banyak kegunaan yang lain. Tanaman ini ada beberapa jenis, tapi menurut saya yang paling eksotis adalah Adansonia grandidieri.

Monkey Puzzle Tree



Pohon ini disebut demikian karena jika kita lihat sekilas, daun pohon ini seolah membentuk kawanan monyet yang sedang bergelantungan, coba perhatikan gambarnya.
Tanaman ini banyak ditemukan di negara Chili dan mempunyai nama latin Aracauria Araucana.

Daunnya tebal dan keras, dan dapat tumbuh hingga 40 meter. Karena bentuknya yang unik, tanaman ini dinyatakan sebagai fosil hidup dan menjadi tanaman nasional negara Chili.

Dragon Tree



Pohon naga adalah tanaman yang tak kalah unik. Bentuk fisiknya seperti bukan berasal dari bumi. Konon, tanaman ini berasal dari sebuah pulau yang tak kalah misteriusnya, yaitu pulau Socotra.

Tetapi, di Afrika juga ditemukan tanaman serupa. Foto diatas merupakan salah satu spesies dari dragon tree dan diperkirakan telah berumur 2.000 tahun.

Bois Dentelle



Tanaman Bois dentelle merupakan tanaman yang sangat langka. Peneliti memperkirakan tanaman ini hanya tinggal dua pohon dan terdapat di daerah Mauritus. Meskipun tanaman ini tidak berharga jual, namun lingkungan yang telah rusak mematikan perkembangan tanaman ini.

Venus



Venus merupakan tanaman karnivora. Tanaman ini memiliki mekanisme unik untuk menjebak mangsanya. Dengan melihat gambar, tentu kalian akan mengerti bagaimana tanaman ini bertahan hidup. Menurut peneliti, tanaman karnivora merupakan hasil evolusi selama bertahun - tahun untuk bertahan hidup dari susahnya mendapatkan sumber nutrisi dari tanah. Makanan tanaman ini diantaranya adalah ulat, jangkrik, serangga kecil, dan katak kecil.

Baseball Plant



Baseball plant juga merupakan tanaman yang langka karena lingkungan yang semakin rusak. Tanaman lucu ini memiliki racun, namun tidak terlalu membahayakan manusia. sayangnya, belum ada usaha pemerintah untuk melindungi tanaman ini, padahal jumlahnya dikatakan semakin menurun.

Tacca Chantrieri



Tanaman cantik ini disebut juga bunga kelelawar hitam. Tanaman ini juga termasuk dalam jajaran tanaman langka. Hmm...semakin banyak saja flora - flora yang terancam dalam kepunahan, padahal banyak sekali yang eksotis dan berbentuk unik nan indah.

Dendroseris Neriifolia



Ketika kalian melihat gambar ini, mungkin kalian akan bertanya kepada saya, " Ngapain bro posting gambar pohon yang hampir mati gitu? katanya tentang tanaman - tanaman unik?". Jawabannya adalah karena pohon yang tampak seperti mati ini adalah spesies terakhir yang masih eksis di dunia ini. Ya! pohon ini tinggal satu di dunia dan terakhir berada di negara Chili, tepatnya di Robinson Crusoe Island.

Green Jade Flower



Tidak perlu saya jelaskan tentang keindahan tanaman ini, sayangnya lagi - lagi, tanaman ini juga masuk dalam jajaran tanaman langka.

Alam tidak selalu menyediakan kebutuhan bagi kita, kadang kita harus saling berbagi dan menjaga dengan alam. Dari beberapa tanaman diatas, banyak sekali yang berada diambang kepunahan. Sudah selayaknya kita menjaga kelestariannya agar kelak bumi menjadi lebih baik lagi.



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top