Sehat saat Cuaca tak menentu

Sehat saat Cuaca tak menentu

Loading image...
Cuaca yang tak menentu diminggu-minggu ini pastinya berpengaruh terhadap kondisi kesehatan. Dengan curah hujan yang terus menerus, sudah pasti membuat suhu udara menjadi turun.
Penyakit-penyakit seperti infeksi saluran pernafasan atas baik  flu, sakit tenggorokan atau hanya pilek, mungkin sudah menjadi hal yang biasa terjadi. Karena itu jagalah kesehatan Anda agar bisa tetap fit dalam melakukan semua aktivitas Anda.
Anda bisa mensiasati kondisi ini agar tetap sehat. Beberapa tips yang mungkin bisa diterapkan agar tetap sehat:
1. Hindari kontak langsung dengan udara dingin. Bila perlu gunakan jaket saat berada di ruangan AC atau saat merasakan udara dingin baik di dalam maupun di luar ruangan.
2. Tidur yang cukup minimal 6 jam perhari kumulatif. Bila Anda bisa tidur 5 jam dimalam hari, luangkanlah satu jam untuk waktu tidur ditengah hari.
3.  Sediakan buah dan sayur-sayuran lebih banyak. Anda mungkin bisa menyediakan stok buah di meja kerja, di dalam mobil atau tempat-tempat yang biasanya Anda datangi. Mulailah mengonsumsi makanan bersayur seperti gado-gado, sebagai menu makan siang atau untuk pengganti menu makan pagi Anda.
4. Olah raga teratur.  Bila Anda tak sempat pergi ke pusat kebugaran, berjalan kaki lah minimal 30 menit sehari. Jadikan ritual ini sebagai komitmen yang harus diusahakan setiap hari.
5. Kurangi makanan yang berlemak, coklat, keju dan red meat.
6. Minum yang cukup, cuaca dingin membuat Anda tidak haus dan mengurangi minum. Pertahankan agar  tetap minum 8-10 gelas perhari.
7. Hindari makanan dan minuman yang manis, dingin dan goreng-gorengan yang akan mengiritasi tenggorokan dan dapat mencetuskan radang.
8. Konsumsi multivitamin jika Anda merasa hari ini makan dan minuman kurang mengandung vitamin atau antioksidan.
9. Berpikir positif untuk berbagai hal, hindari hal-hal yang tidak Anda sukai.
Mencegah lebih baik daripada mengobati kan.

Ayu, ^_^



Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top